SELAMAT DATANG di Website SMP Negeri 3 Tegalombo...Jl. Raya Nanggungan, Desa Tahunan Baru, Kec. Tegalombo, Kab. Pacitan

02 Juni 2009

Mengenal Facebook

Tuesday, 02 June 2009 11:07

facebookSudah beberapa lama Web SMP Negri 3 Tegalombo tidak ada update artikel, mungkin lagi pada sibuk semua ya. Nich akan bicara tentang pesbok eh facebook. Kalo ada pertanyaan "apa yang paling diminati di internet yang paling popoler saat ini?" jawabannya pasti Facebook. Facebook merupakan jejaring sosial seperti pendahulunya Friendster. Apa dan mengapa facebook begitu diminati, termasuk juga Pak Heri Susilo yang sudah terkena virus facebookLaughing

Facebook pertama kali diluncurkan pada 4 Februari 2004 oleh seorang mahasiswa Harvard Univresity, Mark Zuckerberg. Pada awalnya dulu memakai nama "The Facebook" yang merupakan sebutan untuk lembaran dokumen yang dibagikan kepada setiap mahasiswa baru di Harvard University yang menampilkan profil civitas akademika.

Dalam waktu satu bulan sejak facebook diluncurkan lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard sudah tergabung sebagai pengguna. The Facebook juga mulai merambah keberbagai kampus lain di kota Boston dan beberapa universitas ternama seperti Stanford, Columbia, dan Yale. Dan kurang dari 4 bulan 30 kampus telah tergabung sebagai pengguna The Facbook dan situs yang semula beralamat di thefacebook.com ini berubah manjadi facebook.com pada Agustus 2005.

Dalam perkembangannya Facebook kemudian membuka jaringannya tidak hanya untuk kalangan perguruan tinggi tetapi juga untuk pelajar SMA, pekerja kantoran, dan akhirnya pada September 2006, Facebook dibuka untuk umum bagi siapa saja yang telah berumur 13 tahun dan telah memiliki email. Sekarang ini anak SMP juga sudah banyak yang punya akun facebook...., termasuk bapak/ibu gurunya.....Laughing

Apa sich yang membuat Facebook begitu diminati banyak orang ?. facebook memiliki banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi, kerja, sekolah, maupun negara. Jaring-jaring inilah yang kemudian menghubungkan para anggotanya. Selama profil kita berisi informasi yang lengkap, Facebook bisa menemukan orang-orang yang mirip dengan profil kita. Dengan begitu kita bisa menemukan teman lama dan teman-teman baru sesuai dengan profil kita.

Sampai dengan sekarang Facebook telah tersedia dalam lebih dari 40 bahasa dan telah berkembang pesat dengan jumlah pengguna lebih dari 200 juta orang dan ternyata 70% pengguna Facebook tidak berasal dari Amerika dengan rata-rata setiap pengguna memiliki teman 120 teman. Perkembangan Facebook memang sangat fenomenal, bayangkan aja lama penggunaan Facebook setiap hari pada tahun 2008 adalah 1,1 milyar menit dan pada tahun 2009 meningkat sangat tajam seiring banyaknya yang terserang virus Facebook yaitu 3 milyar menit. Update pengguna Facebook perhari pada tahun 2008 sekitar 4 juta pengguna dan pada tahun 2009 berkembang menjadi 18 juta pengguna dan banyaknya foto yang diupload perbulan mencapai 850 juta foto.

Selain itu Facebook tidak hanya dimanfaatkan untuk mencari teman, tetapi juga digunakan untuk beriklan serta berkampanye, salah satunya adalah Presiden Amerika Barrack Obama adalah Presiden pertama yang memanfaatkan Facebook untuk kampanye via internet, dan kini banyak capres-capres yang mengekor tindakan Obama tersebut. Kita juga bisa share tentang masalah-masalahyang sedang kita hadapi misalnya kesehatan, keuangan, sekolah, dll.

Buat yang suka facebook nich harus hati-hati karena menurut penelitian ternayata dapat menurunkan kinerja kita termasuk juga prestasi belajar !

Selamat datang di Official Site SMPN 3 Tegalombo - Pacitan, Jawa Timur - email - smpn3tegalombo@gmail.com

  © www.smpn3tegalombo.co.cc 'web site' by SMP Negeri 3 Tegalombo 2008

KEMBALI Ke ATAS